Sekarang adalah zaman cyber. Zaman dimana semua serba instant dan glamour.
Namun sangat disayangkan, di zaman cyber ini bukan hanya terjadi yang namanya krisis global yang telah menghancurkan perekonomian dunia tetapi juga telah terjadi krisis kasih sayang yang lambat laun akan menimbulkan perpecahan diantara ummat manusia.
Sebenarnya, sadar atau tidak hal ini telah terjadi sejak lama. Krisis kasih sayang yang dimaksud ialah keengganan seseorang untuk salam kepada rekan yang dikenal atau sebut saja teman adalah hal tabu dan dirasa aneh untuk dilontarkan dan diucapkan.
Mari kita kaji arti dari kata sapaan SALAM dalam Islam.
Kata Assalamu’alaikum merupakan ungkapan kasih sayang diantara kita semua dan juga merupakan do’a yang istimewa.
Assalamu’alaikum artinya semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa”.
Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi salam”.
Di dalam kata Assalamu’alaikum, terdapat asma Allah SWT yaitu As-Salam (Maha Sejahtera). Dengan mengucap salam kita telah menyenangkan Allah SWT.
Salam merupakan ungkapan kasih-sayang karena dengan salam dapat menumbuhkan rasa tenang, penyambung tali kekeluargaan (tali silaturahmi) dengan sesama dan salam juga menyuburkan kasih-sayang di antara kita semua.
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang kikir yang sebenar-benarnya kikir ialah orang yang kikir dalam menyebarkan salam”.
Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang ingin agar Allah SWT melapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi” (Shahih Al-Bukhari). Dengan menyambung silaturahmi, berarti kita telah memiliki satu kunci untuk membuka salah satu dari sepuluh pintu rezeki kita.
Dalam Islam, ucapan salam lebih berbobot dibandingkan dengan ucapan salam lainnya yang diucapkan oleh kaum, golongan, bangsa ataupun Negara lain.
Mari!!! Budayakan salam dengan teman, saudara maupun kerabat dan juga sesama Muslim dimanapun berada dan semoga Allah SWT menganugerahi kemampuan dan kekuatan kepada kita untuk selalu menebar salam dengan semangat Islami untuk menumbuhkan kasih-sayang dan persatuan diantara kita.
Amin Ya Robbal’alamin.

$A£AM